Selasa, 04 April 2017

Suntik Sebelum Menikah wajib apa gak?

Assalamualaikum. Wr. Wb


Blog kali ini aku akan membahas Suntik TT. Suntik TT (Tetanus Toksoid) disebut juga vaksin TT. Kegiatan suntik menyuntik yang dilakukan sebelum Merried bisa nya. Jadi kegiatan nya adalah dengan cara memasukkan racun tetanus yang telah dinonaktifkan. Cara ini akan membuat tubuh lebih kebal terhadap tetanus karena sudah ‘belajar’ membuat antibody terhadapnya. Saat antibodi telah terbentuk, jika suatu saat terluka dan kemasukan bakteri tetanus, tubuh lebih cepat membentuk antibody karena sudah diperkenalkan sebelumnya.
Kata nya sih syarat untuk calon pengantin wanita. Iya, waktu kita daftar ke KUA itu butuh beberapa dokumen, salah satu nya KUA minta surat dokter gitu untuk ke2 calon pengantin. Jadi aku sih waktu itu proses nya 2x ke KUA. Pertama biasa ke RT/RW dan kelurahan setempat minta surat pengantar dan lain-lain. Sedapet nya info dari kelurahan aja sih. Langsung cus deh ke KUA ternyata harus ada surat doker itu. Abis dari KUA langsung pergi ke puskesmas setempat minta surat itu kan (bisa di bidan atau di rumah sakit terdekat sih).
Proses nya mudah banget. Tinggal bilang aja di loket pendaftaran mau buat ‘Surat Dokter untuk Calon pengantin’ (hasek). Administrasi langsung bayar di loket pendaftaran Rp. 20.000,- per surat nya. (belom juga di periksa udah dapet surat sehat, haha. Tapi sayang gak di foto waktu itu). Nah abis itu dapet kaya semacam tiket masuk gitu. Tiket buat imunisasi TT katanya. Di puskesmas daerah ku (kec. Cicurug kab. Sukabumi) dan ternyata jadwal imunisasi hanya hari Selasa dan kamis aja. Sebelum pengajuan berkas ke dua aja nanti balik lagi.
Aku dan si calmi (calon suami yang sekarang udah sah jadi suami. Et haha) ke puskesmas lagi, dengan rencana mau imunisasi. Ke loket perdaftaran lagi, trus langsung diarahin ke kasir buat beli Spet (salah deh tulisan nya kyanya. ‘Jarum suntik’ yang dimaksud hehe)
nah ini yang di maksud hehe
harga nya juga terjangkau sih Cuma Rp. 2.000,-. Trus langsung diarah in ke ruang imunisasi deh. Simple kan.. hehe
Jadi kurang lebih untuk surat dokter:
Rp. 20.000 x 2 org = Rp. 40.000 + Rp. 2.000 (jarum suntik) = total Rp. 42.000
Mau sehat gak mahal kan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.
Tapi pasca imunisasi jangan kaget kalau badan jadi pegel-pegel, panas dingin, malah bisa sampe demam. Ya nama nya juga bakteri dimasukin ke tubuh (dulu aku sekitar 1mngguan pegel-pegel nya haha. Nikmatilah. Kan mau jadi manten hihi).
Sedikit informasi nih. Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini masuk ke tubuh melalui luka lalu mengeluarkan racun ke tubuh orang yang telah diinfeksi. Racun yang dihasilkan bisa merusak system syaraf dan sumsum tulang belakang. Itulah mengapa kita perlu melakukan suntik TT agar kebal terhadap penyakit ini. Ketika si ibu gk pny kekebalan tubuh otomatis nanti si baby juga gk kuat dan ada beberapa kasus baby nya meninggal karena gak kuat sama penyakit tetanus (naudzubillah).

Jadi jangan takut sama di imunisasi. Jarum suntik emang mengerikan. Tapi lebih mengerikan penyakit yang akan menimpa kita nanti. Sakit nya Cuma sementara kok. Jadi nikamtilah moment2 Bride to be nya. Semoga lancar sampai hari H dan sukses acara nya. Aamiin ya robbal alamin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Persiapan meng ASI hi pasca cuti melahirkan

Assalaamu'alaikum  Sedikit throwback  ketika cuti melahirkan akan segera berakhir, mulai cari-cari artikel tentang persiapan...