Senin, 23 Juli 2018

Anak cerdas butuh dukungan

Assalamu'alaikum

Setiap orang tua pasti bangga dengan proses perkembangan buah hati nya. Saat si baby mulai bisa menyeloteh di usia 3bulan, tengkurap di usia 4bulan, duduk di usia 5bulan dan lain sebagai nya. Apalagi ketika perkembangan dan kemampuan nya sesuai dengan diagram pertumbuhan bayi sehat. 

Begitu pun dengan aku dan suami. Entah karena kami orang tua muda yang selalu googeling dan kepo, atau karena si Baby Ayska anak pertama yang sama sekali belum punya pengalaman ngurus bayi sampe segitu antusias nya. Inti nya setiap tumbuh kembang nya harus sesuai dengan umur nya hehe. Padahal setiap tumbuh kembang bayi kan beda2. Ada yang lambat ada yang cepet. Kayak Ayska udah jalan tapi belum tumbuh gigi. Temen-temen di usia nya gigi nya udah 4 tapi belum bisa jalan.

Anak cerdas itu selalu menjadi dambaan setiap orang tua. Tentunya banyak yang harus di perhatikan agar anak tumbuh cerdas. Yuk simak apa saja yang harus diperhatikan. 

1. Cara mengembangkan potensi kecerdasan anak. 
Bisa dengan bernyanyi dan gerakan, untuk melatih motorik anak dan melatih daya tangkap anak. Beberapa lagu yang Ayska suka seperti 'kalau kau suka hati tepuk tangan' sambil main bertepuk tangan. Atau lagu 'tangan kanan tangan kiri mempunyai jari' sambil digerakan dan di nyanyikan berulang-ulang. Agar dapat melatih daya tangkap dan memori anak.
Ekspresi Ayska lagi tepuk tangan

Memberi kesempatan anak untuk mengeksplor yang ada di sekitar nya. Anak ku Ayska sekarang usia nya 11 bulan. Sudah mulai banyak rasa ingin tahu nya. Apa yang dia lihat harus dia pegang. Apa-apa nya mau di ambil sendiri. Mulai dari ketika makan, jadi aku harus siap in 2 mangkuk. Yang 1 buat dia acak acak yang 1 nya buat dia makan (aku suapin). Soal nya yang dia pegang gak dimakan cuma di acak2 doang. Sesekali sih di makan, cuma lebih bersih kalau di pisah sih menurutku hehe. Dan saat nya bunda kerja 2x baju ganti sehari bisa 5x. Yang terpenting banyak pelajaran baru yang bisa dia ambil, mulai dari tekstur makanan nya, bentuk mangkuk nya, cara mengeluarkan sesuatu dan kembali memasukan nya, dan oles-oles kanan kiri untuk melihat reaksi orang yang di isengin nya.
Suasana makan siang 

Dan biarkan anak berinteraksi dengan apa yang ada di sekitar nya. Jadi jangan main dirumah sama bunda dan ayah nya saja. Anak juga butuh bersosialisasi dengan teman-teman sebaya nya, dengan teman-teman orang tua nya, dengan binatang, tumbuhan dan benda yang ada disekitar nya juga. Agar tumbuh rasa percaya diri, tanggung jawab dan cinta lingkungan.

2. Asupan makanan dan kandungan vitamin nya. 
Karena tanpa asupan makanan yang bergizi seimbang dapat menghambat kecerdasan anak juga loh bun. Belum lagi ketika di anak susah makan, padahal makanan yang udah di siapkan bunda penuh gizi dan vitamin. Tapi si anak mau nya yang itu itu aja yang sama sekali gk ada gizi nya. Makanya tetep di butuhkan vitamin, khusus nya ketika bayi udah bisa pilih-pilih makanan. Cerebrofrot bisa di konsumsi mulai dari anak usia 6bulan selain banyaj nya kandungan vitamin cerebrofort juga dapat meningkatkan nafsu makan anak. Jadi aku gak khawatir lagi saat Ayska susah makan. Karena kandungan cerebrofort udah lengkap banget

Inilah cara ku mendukung kecerdasan anak ku Ayska, dengan cara memberi kesempatan untuk mengeksplor rasa ingin tahu nya dengan memberi kesempatan mencoba apa yang ingin dia tahu (katakan 'Boleh' yah bunda hehe). Karena kata-kata dan kalimat sederhana bisa membantu kecerdasan anak dan membangun rasa percaya diri anak. Seperti meminta pertolongan dengan kata 'tolong', saat berbuat salah dengan kata 'maaf', dan saat mendapatkan sesuatu dengan kata 'terima kasih' dan menghindari kata-kata 'jangan'. Karena anak harus tahu alasan kenapa bunda berkata Jangan. Jadi lebih baik jelaskan kenapa dia tidak boleh melakukan itu. Dan jangan lupa asupan makanan nya yah bundaa


Semangat mendukung tumbuh kembang anak yah ayah bunda. Karena anak cerdas butuh dukungan orang tua nya. 
#AnakCerdasItu #DukungCerdasnya

Jumat, 20 Juli 2018

Tips cara menjaga kesehatan keluarga

Assalamu'alaikum

Ibu, bunda dan para mommy adalah peranan yang sangat penting di sebuah keluarga. Mau keluarga kecil atau besar (bukan postur tubuh nya yang besar yah. Tapi jumlah nya hehe. Jangan dulu emosi yah bun).

Iyaps.. apa yang di makan anggota keluarga tanggung jawab bunda, apa yang di pakai angota keluarga juga bunda. Terlepas dari pake jasa pembantu atau tidak, tetep bunda yang berkuasa. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan keluarga?

Tentunya bunda yang lebih faham bagaimana cara memasak yang baik dan benar. Mulai dari mencuci perabotan masak dan bahan masakan. Lalu seberapa tingkat kematangan yang benar. Misal masak Opor Ayam 'udah cukup matang atau belum' (jangan sampe ayam belum matang udah di taro di meja makan hihi)

Lalu lantai, dinding dan peralatan yang ada di rumah. Bagaimana keadaan debu nya? Seberapa sering bersihin meja ruang tamu? Atas lemari udah di intip belum? Kolong kasur gimana kabar nya? Dan lain sebagai nya, harus di cek dengan seksama. 

Dan yang terpenting jaga kesehatan bunda. Minum air putih sesuai anjuran (kalau perlu setiap abis melakukan sesuatu langsung minum deh) dan minum multivitamin jika perlu. Untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh.


Makanya yuk hidup sehat bunda, karena kesehatan anggota keluarga ada di tangan bunda.

Wassalam

Kamis, 19 Juli 2018

Cara mengatasi flu pada bayi

Assalamu'alaikum

Cuaca di Indonesia belakangan ini gak bisa di prediksi. Yang dari pagi nya gelap dan mendung sampe gak ngeluarin cucian eh sampe sore ternyata gak hujan-hujan. Giliran cuaca nya panas terang benderang, angin sma udara nya dingin banget sampe gak bisa lepas selimutan. Kalau kata bahasa kamus nya mah 'Pancaroba'.
Minggu-minggu ini temen-temen nya Ayska pilek dan batuk. Sampe2 Ayska dilarang deket2 sama temen-temen nya khawatir ketularan. Bukan apa-apa, soal nya Ayska qlo sakit rewel nya minta ampun.
Selang 3 hari, bangun tidur pagi dy flu, bersin-bersin dannnnnnn pilek juga akhir nya hufh.. rempong lah bunda.. ketika di ingus meler dy gak betah, dan kemana-mana harus bawa tisyu dong. Tapi alhamdulillah pilek nya gak lama cuma 3 hari udh kering.
Aku mau bagi2 tips nih buat bunda-bunda yang cemas ketika baby nya pilek. Apalagi yang baby nya rempong dan rewel parah kalau lagi sakit kya Ayska.
Aku selalu siapin : Pure Kids inhaler, balsem Vix dan obat flu nya aku pake (hari pertama pke obat luar dlu aja. Qlo mendingan gak usah minum obat. Tapi qlo si baby masih tersiksa dengan pilek nya 'haha lebay yah' baru deh di minumin obat.
Untuk takaran dan cara pakai nya sendiri:
1. Pure Kids: cukup di tetes di baju aja setiap abs mandi pagi dan sore. Dan sebelum tidur di tetes di bantal juga.

2. Balsem fix: Di oles secukup kya di dada dan di punggung bayi. Setiap abis mandi pagi dan sore. Dan sebelum tidur pasti nya.

3. Obat Cetirizine: takaran nya 0.8ml 2x sehari aja. Pagi dan sebelum tidur.


Jangan lupa setiap abis mandi pagi di jemur di matahari pagi yah jam 7-9 pagi, punggung nya. Biar cairan nya cepet hilang.
Oya untuk terapi alami nya. Potong 5 butir bawang merah (gak perlu dikupas) taro di piring kecil. Letakan di ujung kamar deh. Fungsi nya buat membunuh bakteri flu. Biar gak nular dan cepet sembuh.

Cepet sembuh yah..
Wassalam

Senin, 16 Juli 2018

Ayo antar anak kesekolah di hari pertama

Assalamu'alaikum

Yey.. back to school. Antara senang dan tidak yah. Sebagian siswa udah kangen berat sama sekolah dan suasana belajar nya. Sebagian lain nya masih rindu dan kurang sama liburan nya. Buttt... waktu nya masuk sekolah, mau gak mau harus masuk yah hehe.

Belakangan ini banyak orang tua yang kurang faham apa penting nya antar anak ke sekolah di hari pertama. "Ah sama aja hari pertama ke2 juga, sama 2 kesekolah", "udah gak usah di antar, biar mandiri", "saya sibuk gak bisa antar anak kesekolah" ini sebagian alasan dan ribuan alasan orang tua yang gak bisa antar anak nya sekolah. Padahal anak cuma minta 1 hari aja ko Bunda, ayah. Walopun mereka gak minta secara langsung atau ngomong langsung yah. Tapi saat ini orang tua harus peka.

Iyappp... anak juga butuh perhatian. Ketika orang tua mengantar anak sekolah, berarti orang tua perhatian dengan sekolah nya, belajar nya dan kegiatan nya. Lalu tumbuhlah rasa tanggung jawab anak terhadap sekolah nya. 
Lalu bagaimana jika anak sudah tidak memiliki rasa tanggung jawab dengan sekolah nya. Anak akan acuh, sekolah hanya kewajiban dia untuk hadir kesekolah aja. Bahkan hanya berangkat dari rumah dan tidak sampai kesekolah. Karena tidak ada nya tanggung jawab anak kepada pendidikan di sekolah. 

Jadi ayah, bundaa luangkan waktu 1 hari saja dalam 1 tahun untuk antar anak kesekolah yah.


Sabtu, 14 Juli 2018

Ayska goes to Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta

Assalamu'alaikum

Alhamduliah bari ini baby Ayska habis jalan-jalan ke pesantren Bunda dulu. Silaturahmjisambil melepas rindu suasana nyantri. Jadi dulu bunda selepas SD lgsg pesantren di Daarul Rahman yang sekarang lokasi nya di Jagakarsa, RT.6/RW.6, Kota Jakarta Selatan. Detail nya bisa cek disni

Perjalanan Sukabumi-Jakarta cukup buat Ayska lelah. Tapi alhamdulillah sesampe nya di pesantren dy seneng banget. Soal nya hari sabtu kebetulan lagi jadwal Mudhif (jenguk santri) jadi suasana nya rame. Banyak anak2 juga hihi. 
Suasana Mudhif kya gini (jadi kangenn hehe)
Dulu hal yang paling ditunggu ini Mudhif. Karena selain waktu buat kange-kangenan sma keluarga, waktu nya buat keluar komplek pesantren dan waktu nya buat main hape haha (pengalaman banget yak)
Ci pipi embem ikutan sibuk me'up hihi
Jadi sebener nya tujuan utama bunda ke pesantren itu mau legalisir ijazah hihi. Jadi lah kita sekalian wisata religi dan review in suasana pesantren di blog.
Tampak pesantren Daarul Rahman dari depan
Dan ini dalem nya
Baru tau juga ternyata ada gedung Alumni nya hehe
Jadi ikdar itu (ikatan alumni keluarga Daarul Rahman). Oya untuk info kegiatan santri/pendaftaran dan lain lain bisa lgsg stalkingin ig @daarulrahman1 yah.

Wassalam

Selasa, 10 Juli 2018

Referensi Wedding Organizer di Cicurug Sukabumi

Assalamu'alaikum

Hai bride to be.. gimana udah punya angan-angan buat pernikahan mu nanti? Hehe. Pasti setiap bride tobe ribuan keinginan kepengen di apply di hari pernikahan nya. Apa lagi perempuan. Mulai nentuin tema warna dekorasi yang pengen nya anti mainstreem, gak mau disamaain sma yg lain. Dresscode tamu undangan, kue pernikahan, souvenir pokok nya semua nya pengen nya perfect lah yah..
 Jadi dulu saya juga sempet kaya gitu. Banyak yang di pengen tapi minimalis informasi. Jadi sama sekali gda kenalan vendor vendor weddinh. Dannnn saya pun anak pertama jadi keluarga belum ada pengalaman. Searching sana searching sini. Tapi ya gituuu, karena kurang nya postingan atau blog tengang 'wo keren dan murah di cicurug kab.sukabumi' jadi nya bingung sendiri. Jadi mulai saat itu saya tekad kan untuk menulis referensi vendor-vendor pernikahan di Cicurug Sukabumi. Baiklah saya akan kasih pencerahan buat kalian bride tobe yang bingung masih cari2 vendor. Cekidott... 
 1. Wedding organizer 
- khei wo (instagram: @khei_wedding_organizer) harga mulai dari 15jt s/d 50jt (2016) 
- delta wo (instagram: @dyaharum73) untuk harga bisa lgsv kongak cp nya aja yah 
- ceceu wedding (instagram: @linda_cwo 

 Nah dari beberapa referensi ini temen-temen bisa lihat hasil makeup nya, testimoni penganten2 nya, dan vendor2 yang kerjasama dengan wo tersebut. Dengan pertimbangan biar temen2 gak repot lagi cari fotographer lah, fotobooth, catering dll. 
Aku ksh sedikit referensi yah
Ini waktu aku nikah pakai Khei WO
Untuk video bisa intip di youtube channel saya yah.
Selamat berpusing-pusing ria wahai para catennn hehe..

Wassalam

Senin, 09 Juli 2018

Berhijab sejak dini. Kenapa tidak

Assalamu'alaikum

Punya bayi perempuan emang ngegemesin. Gimana engga mulai dari bayi aja baju-baju dan pernak pernik nya banyak banget. Lucu-lucu pula. Iya gak sih..
Waktu ayska baru 1 bulan aja bunda nya udah beliin bando (padahal waktu itu lingkar kepala nya masih kecil. Alhasil mak nya ngejait in lagi bando2 nya hahha) saking pengen cepet2 nya dandanin bayik.
Inilah yang jadi godaan para makemak ketika liat instagram yang lewat olshop-olshop perlengkapan bayi. Harus pasang rem pakem ketika budget bulan an udah keluar yah haha.
Oke.. sekarang aku mau rekomendasiin nih, dandanin anak sambil mengenalkan kewajiban si anak kelak dewasa nanti.
Yapss.. Berhijab Sejak Dini. Sekarang udah banyak banget model hijab yang lucu2 mulai buat bayi 0 bulan loh. Jadi gak monoton gitu2 aja. Jadi bikin bayi tambah lucu dan di senengin orang yang liat nya.
Contoh nya inih. (Aku udah kaya orang india kannnn... hihi) paket barang nya baru dateng, langsung deh pertama yang di lirik dia hijab ini. Dan langsung minta pakein.
Dan ini.. waktu main ke Green Apple Garden (Cipanas-Bogor) Ayska pake hijab model Mickey gini. Sengaja bawa hijab mickey karena size nya ini masih agak lebar di Ayska jadi nutupin badan dan bikin anget kann. Karena posisi udara di Cipanas tau sendiri kan dingin nya kayak apa. Jadi cerita nya ada orang arab yang nyamperin. Sambil senyum2 gitu. Inti nya dy bilang lucu pake b.arab (bunda nya ngerti jamilah nya doang arti nya kan cantik hihi) trus dy mnt foto gtu.. (aduh Ayska berasa artis dehh..
Jadii.. memperkenalkan kewajiban berhijab sejak dini gda rugi nya deh. Bikin anget tubuh bayi, iya. Bikin bayi tambah lucu, juga iya.
Jadi yukk.. ajarkan berhijab dari kecil. Biar tar dewasa dia terbiasa dan tau kalau berhijab itu wajib
Oya.. bisa liat model hijab lain di instagram nya @rastories yah. Thank you...

Wassalam

Minggu, 08 Juli 2018

Apa aja sih yang harus disiapkan menjelang lahiran?

Apa aja sih yang harus disiapkan menjelang lahiran?
Assalamua’laikum warahmatullahi wabbarakatuh Edisi kangen waktu hamil nih. Buat ibu muda, apalagi dengan kehamilan pertama pasti bingung apa aja yang harus disiapin buat kelahiran si dede bayi. Aku pun dulu bingung, usia kandungan 4bulan udah ngebet pengen ke babyshop buat beli perintilan bayik. Tapi ternyata setelah banyak baca, googling dan konsultasi sama beberapa temen yang udah berpengalaman ternyata gak serumit dan sebanyak yang kita bayangkan loh. Yang dibutuhkan dan yang diinginkan beda yah. Kadang ibu-ibu muda kepengen yang perfect dan beda dari yang lain buat anak pertama nya. Jadi banyak barang-barang yang gak penting-penting banget dibeli duluan. Padahal kepake nya cuma 2-3 bulan doang (pengalaman hihi). Sekarang aku mau share nih apa aja yang harus disiapkan menjelang lahiran. Cekidottt... 1. Perlengkapan Bayi No. Nama Barang Jumlah Yang di Bawa ke RS 1. Tas Bayi 1 1 2. Kain Bedong Baru 12 3 3. Kain bedong lama (jika ada) 12 5 4. Baju Pendek 12 3 5. Baju Panjang 12 3 6. Popok 24 5 7. Topi 4 2 8. Sarung Tangan-Kaki 6 2 9. Selimut 4 1 10. Handuk 3 1 11. Sabun Mandi+Sampo 1 1 12. Baby Oil 1 1 13. Minyak Telon 1 1 14. Washlap 2 1 15. Tempat Bedak+bedak 1 - 16. Celana panjang 6 - 17. Celana pendek 6 - 18. Bak mandi 1 - 19. Cutton ball/kapas bulat 1 - Jika Perlu - Bouncher - Stroller - Baby Bath 2. Perlengkapan Ibu No. Nama Barang Jumlah Yang di Bawa ke RS 1. Tas Bayi 1 1 2. Kain Bedong Baru 12 3 3. Kain bedong lama (jika ada) 12 5 4. Baju Pendek 12 3 5. Baju Panjang 12 3 6. Popok 24 5 7. Topi 4 2 8. Sarung Tangan-Kaki 6 2 9. Selimut 4 1 10. Handuk 3 1 11. Sabun Mandi+Sampo 1 1 12. Baby Oil 1 1 13. Minyak Telon 1 1 14. Washlap 2 1 15. Tempat Bedak+bedak 1 - 16. Celana panjang 6 - 17. Celana pendek 6 - 18. Bak mandi 1 - 19. Cutton ball/kapas bulat 1 - 3. Perlengkapan Asuransi : Kartu Asuransi, fotocopy KTP Suami Istri masing-masing 4 lembar (buat jaga-jaga), fotocopy KK: 4 Lembar, Foto Kartu Asuransi. 4. Persiapan jasmani dan rohani Ini yang paling penting. Dari awal kehamilan harus di tekad kan. Ini anak mau lahir normal atau cesar. Walopun nanti pada saat nya tiba lahir dengan cara apapun sah-sah aja yang penting sehat dan selamat. Tapi bener loh kekuatan tekad itu mendorong kita buat ngeyakinin nanti nya proses persalinan mau kaya gimana. Jadi waktu itu dari awal kehamilan aku udah ditanya sama bu bidan, “bu nanti melahirkan nya mau normal atau cesar?” dan dengan polos nya aku jawab “gimana nanti aja bu, saya mah lahiran normal/cesar gak apa-apa yang penting sehat dan selamat”. Hampir tiap kontrol keamilan pasti jawaban nya begitu. Sampai saatnya tiba. Menjelang 8 bulan baru ku tekadkan “de lahiran nya normal yah. Bismillah”. Dengan pertimbangan, kalau normal itu sakit nya sebentar dibanding cesar, kalau normal itu pengurusan administrasinya gampang dibanding cesar (maklum lahiran diklinik jadi kalau cesar harus pakai rujukan hihi), kalau normal itu lebih hemat dibanding cesar (walopun bisa pakai bpjs sih), tapi gak tau kenapa tekad yang kuat, masuk ke alam bawah sadar dan jadi terobsesi. Alhamdulillah qodarullah Ayska lahir sehat dan selamat dengan persalinan normal. Eit.. bukan berarti yang cesar gak butuh tekad yang kuat juga loh. keinginan orang kan beda-beda pasti banyak pertimbangan buat pilih mana yang terbaik. Yang terpenting siapkan mental, fisik, jasmani dan rohani titik. Buat yang lagi dag-dig-dug ser menanti kelahiran sang buah hati, selamat bershopin-shoping ria. Semoga lahiran nya lancar, sehat dan selamat. Aamiinn ya robbal aalamiinn. See you next articel 

Persiapan meng ASI hi pasca cuti melahirkan

Assalaamu'alaikum  Sedikit throwback  ketika cuti melahirkan akan segera berakhir, mulai cari-cari artikel tentang persiapan...