Selasa, 16 Oktober 2018

Persiapan meng ASI hi pasca cuti melahirkan

Assalaamu'alaikum 


Sedikit throwback ketika cuti melahirkan akan segera berakhir, mulai cari-cari artikel tentang persiapan stok ASI untuk si kecil. Alhamdulillah anak ku Ayska dapat asupan full ASI walopun hanya 6 bulan. Karena pas udah nyoba mpasi terlalu banyak drama yang membuat bunda Ayska menyerah. Maafkan bunda yah nak.

Kembali ke ASI, air susu ibu itu makan an paling baik sepanjang masa untuk bayi terutama bayi baru lahir yah. Sering denger kan banyak bayi-bayi baru lahir yang kuning karena kurang konsumsi ASI. Karena nutrisi yang terkandung dalam ASI itu sangat di butuhkan untuk bayi. Kesterilannya dan kadar suhu nya udah sesuai buat kebutuhan sang bayi. Jadi mulai lah bunda Ayska bertekad keras untuk memberikan asiX buat Ayska. 

PERSIAPAN
Tentu nya ada banyak yang harus di siapin sebelum kita melakukan pumping untuk stok ASI. Di antara nya:

- alat pumping 
(bunda Ayska pakai yang manual saja murah meriah hehe dan resiko rusak/eror nya kecil dulu beli >200.000 hehe)

- tempat stok ASI 
(Banyak botol-botol kaca khusus penyimpanan ASI. Kenapa bunda gak pakai kantung plastik ASI ? Karena menurut bunda plastik kadar nya kurang bagus, khawatir ada bahan kimia yang tercampur dan kantung plastik itu 1x pakai jadi menurut bunda Mubadzir mending pakai botol kaca murah dan hemat pula hehe. Yang Rainbow ini 89.900 an, dan ada beberapa botol kaca ASI yang kecil ukuran 100ml itu 5.000an Qlo gak salah)

- sterilizer
(Penting sekali karena alat-alat pendukung pumping setiap setelah digunakan itu wajib di steril. Dengan teknik rebus rasa nya kurang afdol karena khawatir merusak komponen alat pumping dan ribet juga kya nya. Jadi bunda putus kan beli alat sterilizer. Yang murah aja yang penting aman dan berstandar Indonesia. Bunda pakai merek baby safe dulu beli harga nya 350.000 an.

- bottle warmer
(Jadi ketika ASI selesai di pumping, hasil nya di taruh di kulkas yah bund, agar tahan nya agak lama karena kalau di suhu ruangan hanya bertahan maksimal 4 jam saja. Dengan posisi stok ASI di lemari pendingin gak mungkin dong kita kasih ke bayi langsung jadi butuh banget bottle warmer untuk menghangatkan kembali ASI tanpa mengurangi zat dan nutrisi yang terkandung di dalam nya karena kehangatan nya pun sudah di atur. Cara sederhana juga sebenernya bisa cukup rebus air sampai matang lalu rendam botol stok ASI kedalam air hangat sampai ASI hangat, dan dapat di berikan kepada bayi. Tapi jangan lupa untuk cek suhu nya dlu yah bunda, khawatir terlalu panas karena dapat membakar mulut si kecil)

- sikat pembersih botol
(Ini pun gak kalah penting ketika botol-botol habis pakai berserakan langsung di cuci yah bund, karena bakteri sisa-sisa susu dapat menempel di botol. Namun hanya menggunakan spons saja rasa nya susah karena spons tidak menjangkau area dalam botol jadi harus punya sikat pembersih botol yah bund. Dulu aku beli 25.000 kalau gak salah 😁)

- sabun pembersih yang tepat
(Peralatan bayi gak boleh dicuci dengan sembarang sabun yah bund. Karena pengalaman ku botol bekas susu terutama bekas ASIP kurang bersih kalau pakai sabun cuci piring biasa karena lemak nya masih nempel gitu, jadi aku putus kan untuk pakai Sleek baby)

- Breast Pad
(Alias dumpel ASI. Penting gak penting sih kalau ini. Jadi kalau busui itu Kadang ASI tiba-tiba suka keluar sendiri misal beberapa jam gak di Mimi sama baby atau misal bunda lagi kangen tapi lagi berjauhan sma baby itu kadang si ASI keluar sendiri atau istilah perASIan itu LDR 'Let Down Reflex'. Nah kalau bunda lagi di luar rumah kadang ASI yang rembes itu suka mengganggu aktivitas, gak lucu dong lagi ngantor tapi dada basah kuyup, disangka abis keimanan dimana nanti hehe. Tapi kalau untuk di rumah sih aman-aman aja)

- Cooler Bag

(Cooler bag nya bunda Ayska yang minimalis aja. Yang cuma muat 1/2 botol soal nya kerja nya cuma setengah hari jadi waktu untuk pumping nya aja cuma 2x. Syukur Alhamdulillah dapet 2 botol penuh itu seneng luar biasahhh. Dulu beli harga 100.000 aja loh udh dapet 4 botol asi kecil yang 100ml dan bonus 2 icegel) gak usah yang mahal2 yang penting fungsi nya maksimal hehe


Semoga bermanfaat yah buat bunda-bunda yang mau mengakhiri masa cuti nya. Bayi sehat bunda senang dan dapat bekerja dengan tenang kan.😊

Wassalamualaikum 

Rabu, 10 Oktober 2018

Suasana Pembongkaran rumah warga di lahan PT. KAI

Assalamu'alaikum

Udah  lama gak nulis nih. Mulai dari anak sakit selang 2 minggu sakit lagi. Terus persiapan kedatangan  sang ibunda yang baru pulang hajian dan baru-baru ini kami disibukkan dengan bebenah rumah karena diserbu debu dimana-mana.

Cicurug- Kab. Sukabumi mulai awal bulan September 2018 udah di heboh kan dengan info penggusuran untuk perluasan jalur rel kereta api jalur Sukabumi - Bogor akan ditambah beberapa rel karena sebelum nya hanya 1 rel di jalur biasa dan 2 rel di stasiun.

Suasana haru, kecewa dan pasrah yang di alami masyarakat sangat terasa. Bagaimana tidak mereka tinggal sudah berpuluh-puluh tahun di lahan PT. KAI dan baru kali ini ada info penggusuran.





*Posisi persis di depan rumah banget

Dan isu yang baru muncul lagi katanya penggusuran akan di perluas alias rumah ku akan ikut tergusur 😭. Sedih pasti karena masa kecil ku dan kenangannya pasti akan hilang. Kecewa? apalagi. Karena 4 tahun lalu kami renovasi besar-besaran hampir dan parah nya lagi 2 bulan lalu renovasi kecil (sedih kan baru di tempat in sebentar hisk 😭)
Dan tentunya tidak akan nyaman tinggal dekat jalur kereta api aktif. Apalagi nanti kalau sudah ada jalur ganda yang sekarang lintasan kereta hanya 3-4 jam sekali bisa jadi nanti 1 jam sekali. Sekarang sudah rata dengan tanah tidak ada lagi bangunan rumah warga di area calon jalur ganda.
Disisi lain kami pun bersyukur Allah masih memberikan kesempatan kepada kami untuk bersiap untuk meninggalkan rumah kami dan Allah memberikan pengganti nya berupa uang pengganti dari PT KAI. Bagaimana nasib saudara kami di Palu dan Donggala kemarin ?, tempat tinggal mereka hancur tanpa ada rencana dan persiapan. Barang-barang serta nyawa pun belum sempat mereka selamatkan. Bersyukurlah masih ada hikmah dibalik penggusuran rumah untuk jalur KAI. 
Info yang berkembang untuk penggantian bangunan tetap di bayarkan oleh PT KAI sebesar Rp. 400.000/meter (jadi masih ada pegangan buat pindahan)

Kami masyarakat biasa hanya bisa mendukung program Pemerintah kabupaten Sukabumi dengan harapan semoga kesepiannya sarana transportasi umum dapat berjalan dan terawat dengan baik. Sehingga masyarakat dapat beralih ke transportasi umum. Dan perekonomian masyarakat jadi berkembang dengan ada nya mobilitas yang baik. 


Wassalamualaikum

Persiapan meng ASI hi pasca cuti melahirkan

Assalaamu'alaikum  Sedikit throwback  ketika cuti melahirkan akan segera berakhir, mulai cari-cari artikel tentang persiapan...