Rabu, 10 Oktober 2018

Suasana Pembongkaran rumah warga di lahan PT. KAI

Assalamu'alaikum

Udah  lama gak nulis nih. Mulai dari anak sakit selang 2 minggu sakit lagi. Terus persiapan kedatangan  sang ibunda yang baru pulang hajian dan baru-baru ini kami disibukkan dengan bebenah rumah karena diserbu debu dimana-mana.

Cicurug- Kab. Sukabumi mulai awal bulan September 2018 udah di heboh kan dengan info penggusuran untuk perluasan jalur rel kereta api jalur Sukabumi - Bogor akan ditambah beberapa rel karena sebelum nya hanya 1 rel di jalur biasa dan 2 rel di stasiun.

Suasana haru, kecewa dan pasrah yang di alami masyarakat sangat terasa. Bagaimana tidak mereka tinggal sudah berpuluh-puluh tahun di lahan PT. KAI dan baru kali ini ada info penggusuran.





*Posisi persis di depan rumah banget

Dan isu yang baru muncul lagi katanya penggusuran akan di perluas alias rumah ku akan ikut tergusur 😭. Sedih pasti karena masa kecil ku dan kenangannya pasti akan hilang. Kecewa? apalagi. Karena 4 tahun lalu kami renovasi besar-besaran hampir dan parah nya lagi 2 bulan lalu renovasi kecil (sedih kan baru di tempat in sebentar hisk 😭)
Dan tentunya tidak akan nyaman tinggal dekat jalur kereta api aktif. Apalagi nanti kalau sudah ada jalur ganda yang sekarang lintasan kereta hanya 3-4 jam sekali bisa jadi nanti 1 jam sekali. Sekarang sudah rata dengan tanah tidak ada lagi bangunan rumah warga di area calon jalur ganda.
Disisi lain kami pun bersyukur Allah masih memberikan kesempatan kepada kami untuk bersiap untuk meninggalkan rumah kami dan Allah memberikan pengganti nya berupa uang pengganti dari PT KAI. Bagaimana nasib saudara kami di Palu dan Donggala kemarin ?, tempat tinggal mereka hancur tanpa ada rencana dan persiapan. Barang-barang serta nyawa pun belum sempat mereka selamatkan. Bersyukurlah masih ada hikmah dibalik penggusuran rumah untuk jalur KAI. 
Info yang berkembang untuk penggantian bangunan tetap di bayarkan oleh PT KAI sebesar Rp. 400.000/meter (jadi masih ada pegangan buat pindahan)

Kami masyarakat biasa hanya bisa mendukung program Pemerintah kabupaten Sukabumi dengan harapan semoga kesepiannya sarana transportasi umum dapat berjalan dan terawat dengan baik. Sehingga masyarakat dapat beralih ke transportasi umum. Dan perekonomian masyarakat jadi berkembang dengan ada nya mobilitas yang baik. 


Wassalamualaikum

19 komentar:

  1. Setidaknya ada ganti rugi ya mba, dan semoga dengan begitu jalur transportasinya jadi lancar :)

    BalasHapus
  2. Wah pasti sedih ya Mba. Allhamdulillahnya PT KAI baik sekali masih memberikan uang kepada warga untuk pindahan. Walau begitu, rasa sedih akan kehilangan tempat tinggal, kenangan dan cerita pasti nggak mudah ya. Semoga segera membaik ya mba

    BalasHapus
  3. Ya Allah teh,kok aku bacanya sedih banget ya...hiks...brasa hilang setengah jiwa ya saat kita di gusur

    BalasHapus
  4. Semoga segera dapat tempat tinggal yg lebih baik yaa mba. Iya nih jd ingat teman teman di Palu soalnya byk trmanku disana huhu.

    BalasHapus
  5. Memang harus ada yang dikorbankan untuk pembangunan..Untuk kepentingan bersama
    Semoga mendapat rumah ganti yang lebih baik lagi ya MBak

    BalasHapus
  6. Ya allah, baru kali ini aku dengar langsung kisah pembongkaran. Tapi alhamdulillah enggak ada penolakan yang berlebihan dari masyarakat ya mbak.
    Selain itu pt.kai juga menunjukkan tanggung jawabnya. Semoga mendapatkan ganti yg lebih baik mbak, berkaah

    BalasHapus
  7. sedih pasti ya mba tapi ditempatku yang kena bongkar dari KAI mendadak kaya raya bikin rumah dengan beli tanah, rumahnya jadi mewah bahkan kini mereka jadi pemalas saking banyaknya uang ganti rugi wkwkkw

    BalasHapus
  8. Alhamdulilah ya, Mbak. Ada uang ganti rugi. Sedih memang kalo harus pindah ke tempat lain. Ini di kampungku juga ada penggusuran rumah untuk proyek jalan tol Semarang-Batang.

    BalasHapus
  9. Semoga berdampak baik mbak, baik untuk kemudahan perlintasan kereta api, dan terutama untuk para warga sekitar

    BalasHapus
  10. pembokaran lahan di area Pt KAI pastinya demi kepentingan bermasa ataupun memang daerah tersebut merupakan lanan KAI. Dimanfatin aja uang kompesasinya dengan baik agar bermanfaat buat usaha baru ataupun pindah ke kampung. Yang penting semangat mba menghadapi pengusuran

    BalasHapus
  11. Wah, untungnya ad uang pengganti ya mba. Tp ttp ya, namanya kenangan pasti sedih deh kalo digusur. Hiks. Tp segalanya pasti brkhr baik mb krn ini untuk pembangunan org byk jg..

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah kalau digantiin mba, tapi kenangan tak akan terganti yah mba, memoripun juga gak bisa hilang.. hikss adeh dehh...

    BalasHapus
  13. semoga uang penggantinya senilai dengan apa yang hilang ya mba. Semangatttt

    BalasHapus
  14. Semoga segera menemukan tempat tinggal yg lbh baik ya mbak. Sedih sih, cuma kalau bisa dokumentasikan aja mulai skrng mbak. Ambil foto atau video ttg rmh yg skrng.
    Btw ini berarti abis ini akan ada jalur rel Bogor Sukabumi ya. Wah jgn2 ntr Sukabumi jg jd area penyangga yg penuh perumahan warga yg selama ini kerja di Jkt

    BalasHapus
  15. Semoga segera ditemukan tempat yang lebih baik untuk tinggal. Ini kadang efek kurangnya planning tata letak di kota. Jadinya harus ada drama seperti ini :(

    BalasHapus
  16. mbak kebetulan aku dulu bekas gini juga.. yang bikin sedih itu sekarang rumah2nya kosong nggak di rubuhin.. sedih lagi tetanggaku. baru aja renov 1 bulan terus dapat surat pemberitahuan itu. entah stres atau gimana. rumahnya di palu terus sampe bolong2. besoknya dia meninggal. dan rumahnya terbengkalai sampe sekarang... sedih banget pokoknya

    BalasHapus
  17. Aku tinggal di dekat rel juga Mbak. Di komplekku akhir-akhir lagi ramai soal kabar mau ada penggusuran. Semoga sih tidak benar, tapi kalaupun iya, semoga memang itu yang terbaik buat kami. Jadi sedih, hiks..

    BalasHapus
  18. Pasti berasa sedih banget karena kenangan masa kecil di rumah bakal hilang. Tapi yaaa gak mungkin juga kan ya klo kita bertahan.

    BalasHapus
  19. Semakin progressnya nih KAI membuat jalur kereta api. Sebagai warga yang " numpang" lahan bisa apa ya mba kalau yang punya tanah mengusir. Sabar ya mba, semoga ada pengganti tempat tinggal yang nyaman.

    BalasHapus

Persiapan meng ASI hi pasca cuti melahirkan

Assalaamu'alaikum  Sedikit throwback  ketika cuti melahirkan akan segera berakhir, mulai cari-cari artikel tentang persiapan...