Sabtu, 23 November 2019

Pada usia berapa anak bisa diajarkan menggambar ??

Pada Usia Berapa Anak Bisa Diajarkan Menggambar? 

Kumpulan hasil gambar Ayska 

Ayska di usia nya yang sekarang baru 2 tahun 3 bulan. dia tertarik banget dengan menggambar. padahal setiap mulai menggambar bunda nya yang selalu menggambar hehe. "Bunda biki Rumah, Bunda bikin Masha dll". lah dia bagian apanya dong?. dia sih cuma coret-coret aja. bikin rumah alla Ayska, bikin Ikan ala Ayska. dia berimajinasi bahwa benang kusut nya itu Gambar yang indah. Tapi sebenernya pada usia berapa yah anak bisa diajarkan untuk menggambar?

Setiap bunda pasti menginginkan keterampilan motorik anak tumbuh dan berkembang secara optimal. agar bunda bisa memberikan stimulasi atau rangsangan yang tepat dan sesuai dengan tahap perkembangan anak, ada baiknya bunda memahami lebih dulu tahap-tahap perkembangan motorik anak.


Hal ini penting agar segala keterlambatan atau gangguan pada kemampuan motoriknya bisa segera terdeteksi dan dikoreksi. Keterlambatan yang tidak diperhatikan bisa saja akan berpengaruh ke perkembangan motorik kasar dan halus lainnya.


Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Contohnya kemampuan duduk, menendang, berlari, meloncat atau naik turun tangga. Perkembangan motorik ini beriringan dengan proses kematangan fisik anak. 


Sebaliknya, motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Motorik halus anak dapat dilakukan dengan cara mengajak anak menggambar, tkarena kegiatan menggambar adalah hal yang menyenangkan untuk anak usia dini. Namum kemampuan motorik halus setiap anak berbeda-beda, baik dalam hal kekuatan maupun ketepatannya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh pembawaan anak dan stimulai yang didapatnya.

Ayska pun sangat menyukai kegiatan ini. Saat usia nya kurang dari 2 tahun pun dia sudah tertarik dengan pensil, spidol dan kertas loh bunda. Mengajarkan menggambar sambil bercerita dapat menjadi sarana yang baik bagi orang tua untuk menjalin komunikasi dengan anak. 

Perkembangan seorang anak bisa dilihat dari cara dia menggambar. Anak yang berusia 2-4 tahun biasanya sudah mulai membuat coretan atau scribbling. Menginjak 4-7 tahun, mereka mulai menggambar simbol, seperti lingkaran yang mereka sebut mobil. Ini sebenarnya gambar nyata tak sempurna yang dibuat hanya berdasarkan pemahaman mereka.


Ini cerita posisi rumah Ayska dan tetangga-tetangga nya. Beserta depan rumahnya. Sesuai dengan asli nya loh bunda 😁

Tapi perlu dipahami ya bunda, pada umumnya anak mulai bisa menggambar berdasarkan fakta di usia 8-9 tahun. Jadi jangan menghakimi, biarkan mereka membebaskan imajinasi seluas-luasnya. Dengan cara ini, orang tua justru bisa mengajak anak belajar lewat kegiatan menggambar asalkan tahu tahapannya.

Jadi bunda bisa mulai membantu anak mengenal warna dan alat gambar sejak dini yah. Usia 2 tahun keatas lebih aman karena alat-alat yang digunakan untuk menggambar sudah bisa mereka bedakan dengan makanan.

Selamat menggambar Bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkenalan Virtual

Assalamu'alaikum wr.wb Selamat datang di kelas baru kalian. sebelumnya perkenalkan saya Asri Khoerunisa, R.S.Pd biasa dipanggil I...