Senin, 23 Juli 2018

Anak cerdas butuh dukungan

Assalamu'alaikum

Setiap orang tua pasti bangga dengan proses perkembangan buah hati nya. Saat si baby mulai bisa menyeloteh di usia 3bulan, tengkurap di usia 4bulan, duduk di usia 5bulan dan lain sebagai nya. Apalagi ketika perkembangan dan kemampuan nya sesuai dengan diagram pertumbuhan bayi sehat. 

Begitu pun dengan aku dan suami. Entah karena kami orang tua muda yang selalu googeling dan kepo, atau karena si Baby Ayska anak pertama yang sama sekali belum punya pengalaman ngurus bayi sampe segitu antusias nya. Inti nya setiap tumbuh kembang nya harus sesuai dengan umur nya hehe. Padahal setiap tumbuh kembang bayi kan beda2. Ada yang lambat ada yang cepet. Kayak Ayska udah jalan tapi belum tumbuh gigi. Temen-temen di usia nya gigi nya udah 4 tapi belum bisa jalan.

Anak cerdas itu selalu menjadi dambaan setiap orang tua. Tentunya banyak yang harus di perhatikan agar anak tumbuh cerdas. Yuk simak apa saja yang harus diperhatikan. 

1. Cara mengembangkan potensi kecerdasan anak. 
Bisa dengan bernyanyi dan gerakan, untuk melatih motorik anak dan melatih daya tangkap anak. Beberapa lagu yang Ayska suka seperti 'kalau kau suka hati tepuk tangan' sambil main bertepuk tangan. Atau lagu 'tangan kanan tangan kiri mempunyai jari' sambil digerakan dan di nyanyikan berulang-ulang. Agar dapat melatih daya tangkap dan memori anak.
Ekspresi Ayska lagi tepuk tangan

Memberi kesempatan anak untuk mengeksplor yang ada di sekitar nya. Anak ku Ayska sekarang usia nya 11 bulan. Sudah mulai banyak rasa ingin tahu nya. Apa yang dia lihat harus dia pegang. Apa-apa nya mau di ambil sendiri. Mulai dari ketika makan, jadi aku harus siap in 2 mangkuk. Yang 1 buat dia acak acak yang 1 nya buat dia makan (aku suapin). Soal nya yang dia pegang gak dimakan cuma di acak2 doang. Sesekali sih di makan, cuma lebih bersih kalau di pisah sih menurutku hehe. Dan saat nya bunda kerja 2x baju ganti sehari bisa 5x. Yang terpenting banyak pelajaran baru yang bisa dia ambil, mulai dari tekstur makanan nya, bentuk mangkuk nya, cara mengeluarkan sesuatu dan kembali memasukan nya, dan oles-oles kanan kiri untuk melihat reaksi orang yang di isengin nya.
Suasana makan siang 

Dan biarkan anak berinteraksi dengan apa yang ada di sekitar nya. Jadi jangan main dirumah sama bunda dan ayah nya saja. Anak juga butuh bersosialisasi dengan teman-teman sebaya nya, dengan teman-teman orang tua nya, dengan binatang, tumbuhan dan benda yang ada disekitar nya juga. Agar tumbuh rasa percaya diri, tanggung jawab dan cinta lingkungan.

2. Asupan makanan dan kandungan vitamin nya. 
Karena tanpa asupan makanan yang bergizi seimbang dapat menghambat kecerdasan anak juga loh bun. Belum lagi ketika di anak susah makan, padahal makanan yang udah di siapkan bunda penuh gizi dan vitamin. Tapi si anak mau nya yang itu itu aja yang sama sekali gk ada gizi nya. Makanya tetep di butuhkan vitamin, khusus nya ketika bayi udah bisa pilih-pilih makanan. Cerebrofrot bisa di konsumsi mulai dari anak usia 6bulan selain banyaj nya kandungan vitamin cerebrofort juga dapat meningkatkan nafsu makan anak. Jadi aku gak khawatir lagi saat Ayska susah makan. Karena kandungan cerebrofort udah lengkap banget

Inilah cara ku mendukung kecerdasan anak ku Ayska, dengan cara memberi kesempatan untuk mengeksplor rasa ingin tahu nya dengan memberi kesempatan mencoba apa yang ingin dia tahu (katakan 'Boleh' yah bunda hehe). Karena kata-kata dan kalimat sederhana bisa membantu kecerdasan anak dan membangun rasa percaya diri anak. Seperti meminta pertolongan dengan kata 'tolong', saat berbuat salah dengan kata 'maaf', dan saat mendapatkan sesuatu dengan kata 'terima kasih' dan menghindari kata-kata 'jangan'. Karena anak harus tahu alasan kenapa bunda berkata Jangan. Jadi lebih baik jelaskan kenapa dia tidak boleh melakukan itu. Dan jangan lupa asupan makanan nya yah bundaa


Semangat mendukung tumbuh kembang anak yah ayah bunda. Karena anak cerdas butuh dukungan orang tua nya. 
#AnakCerdasItu #DukungCerdasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEO STUDY Rasakan Pengalaman Baru, Belajar Bahasa Inggris Tanpa Guru

Rasakan Pengalaman Baru, Belajar Bahasa Inggris Tanpa Guru Hai, warga milenial di jaman sekarang Teknologi sudah sebegitu canggih sampa...