Minggu, 08 Juli 2018

Apa aja sih yang harus disiapkan menjelang lahiran?

Apa aja sih yang harus disiapkan menjelang lahiran?
Assalamua’laikum warahmatullahi wabbarakatuh Edisi kangen waktu hamil nih. Buat ibu muda, apalagi dengan kehamilan pertama pasti bingung apa aja yang harus disiapin buat kelahiran si dede bayi. Aku pun dulu bingung, usia kandungan 4bulan udah ngebet pengen ke babyshop buat beli perintilan bayik. Tapi ternyata setelah banyak baca, googling dan konsultasi sama beberapa temen yang udah berpengalaman ternyata gak serumit dan sebanyak yang kita bayangkan loh. Yang dibutuhkan dan yang diinginkan beda yah. Kadang ibu-ibu muda kepengen yang perfect dan beda dari yang lain buat anak pertama nya. Jadi banyak barang-barang yang gak penting-penting banget dibeli duluan. Padahal kepake nya cuma 2-3 bulan doang (pengalaman hihi). Sekarang aku mau share nih apa aja yang harus disiapkan menjelang lahiran. Cekidottt... 1. Perlengkapan Bayi No. Nama Barang Jumlah Yang di Bawa ke RS 1. Tas Bayi 1 1 2. Kain Bedong Baru 12 3 3. Kain bedong lama (jika ada) 12 5 4. Baju Pendek 12 3 5. Baju Panjang 12 3 6. Popok 24 5 7. Topi 4 2 8. Sarung Tangan-Kaki 6 2 9. Selimut 4 1 10. Handuk 3 1 11. Sabun Mandi+Sampo 1 1 12. Baby Oil 1 1 13. Minyak Telon 1 1 14. Washlap 2 1 15. Tempat Bedak+bedak 1 - 16. Celana panjang 6 - 17. Celana pendek 6 - 18. Bak mandi 1 - 19. Cutton ball/kapas bulat 1 - Jika Perlu - Bouncher - Stroller - Baby Bath 2. Perlengkapan Ibu No. Nama Barang Jumlah Yang di Bawa ke RS 1. Tas Bayi 1 1 2. Kain Bedong Baru 12 3 3. Kain bedong lama (jika ada) 12 5 4. Baju Pendek 12 3 5. Baju Panjang 12 3 6. Popok 24 5 7. Topi 4 2 8. Sarung Tangan-Kaki 6 2 9. Selimut 4 1 10. Handuk 3 1 11. Sabun Mandi+Sampo 1 1 12. Baby Oil 1 1 13. Minyak Telon 1 1 14. Washlap 2 1 15. Tempat Bedak+bedak 1 - 16. Celana panjang 6 - 17. Celana pendek 6 - 18. Bak mandi 1 - 19. Cutton ball/kapas bulat 1 - 3. Perlengkapan Asuransi : Kartu Asuransi, fotocopy KTP Suami Istri masing-masing 4 lembar (buat jaga-jaga), fotocopy KK: 4 Lembar, Foto Kartu Asuransi. 4. Persiapan jasmani dan rohani Ini yang paling penting. Dari awal kehamilan harus di tekad kan. Ini anak mau lahir normal atau cesar. Walopun nanti pada saat nya tiba lahir dengan cara apapun sah-sah aja yang penting sehat dan selamat. Tapi bener loh kekuatan tekad itu mendorong kita buat ngeyakinin nanti nya proses persalinan mau kaya gimana. Jadi waktu itu dari awal kehamilan aku udah ditanya sama bu bidan, “bu nanti melahirkan nya mau normal atau cesar?” dan dengan polos nya aku jawab “gimana nanti aja bu, saya mah lahiran normal/cesar gak apa-apa yang penting sehat dan selamat”. Hampir tiap kontrol keamilan pasti jawaban nya begitu. Sampai saatnya tiba. Menjelang 8 bulan baru ku tekadkan “de lahiran nya normal yah. Bismillah”. Dengan pertimbangan, kalau normal itu sakit nya sebentar dibanding cesar, kalau normal itu pengurusan administrasinya gampang dibanding cesar (maklum lahiran diklinik jadi kalau cesar harus pakai rujukan hihi), kalau normal itu lebih hemat dibanding cesar (walopun bisa pakai bpjs sih), tapi gak tau kenapa tekad yang kuat, masuk ke alam bawah sadar dan jadi terobsesi. Alhamdulillah qodarullah Ayska lahir sehat dan selamat dengan persalinan normal. Eit.. bukan berarti yang cesar gak butuh tekad yang kuat juga loh. keinginan orang kan beda-beda pasti banyak pertimbangan buat pilih mana yang terbaik. Yang terpenting siapkan mental, fisik, jasmani dan rohani titik. Buat yang lagi dag-dig-dug ser menanti kelahiran sang buah hati, selamat bershopin-shoping ria. Semoga lahiran nya lancar, sehat dan selamat. Aamiinn ya robbal aalamiinn. See you next articel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEO STUDY Rasakan Pengalaman Baru, Belajar Bahasa Inggris Tanpa Guru

Rasakan Pengalaman Baru, Belajar Bahasa Inggris Tanpa Guru Hai, warga milenial di jaman sekarang Teknologi sudah sebegitu canggih sampa...